Selasa, 03 April 2012

I love "sejarah"

Pelajaran yang sangat saya sukai dari jaman masih pake seragam putih merah sampai putih abu-abu adalah sejarah. Jaman SD, pelajaran sejarah digabung menjadi satu bersama pelajaran geografi menjadi ilmu pengetahuan sosial.
Masa putih biru, saya mempunyai seorang guru bernama Ibu Nurul yang pandai sekali bercerita. Di SMA, saya mendapat guru yang tak kalah ahli dari bu Nurul,namanya Bu Endang. Saking niatnya bu Endang mengajar sejarah, beliau sampai-sampai membawa balat-alat peraga. Misal, ketika beliau menjelaskan bab tentang zaman prasejarah beliau membawa benda miniatur beliung persegi (sejenis kampak dari batu). Selama diajar bu Endang, kami sekelas tidak pernah diberikan ulangan harian atau mingguan. Pengambilan nilai dilakukan dengan cara cerdas cermat atau membuat makalah.
Beberapa waktu yang lalu, saya membaca artikel seputar sejarah Jakarta di harian kompas, penulisnya adalah Alwi Shahab. Penasaran dengan penulisnya, saya googling nama beliau dan berakhir di blog beliau yg berisi sejarah seputar kota Jakarta. Sungguh menarik apa yg beliau tuangkan dalam blognya, pengetahuan saya tentang sejarah kota Jakarta saya rasa semakin bertambah semenjak menemukan blog beliau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar