Rabu, 04 Januari 2017

Tips memilih kado kelahiran

Ditulis untuk #ODOPfor99days
Sebelum saya punya anak, saya suka sekali memberikan bingkisan berupa peralatan makan bayi (mangkuk, sendok, gelas) untuk teman, sahabat, saudara maupun kolega yang baru saja melahirkan atau mempunyai bayi. Lain saya lain pula mama saya, mama suka sekali memberi kado berisi seprai atau handuk. 
Saat saya melahirkan afia empat tahun yang lalu, saya kebanjiran peralatan mandi untuk bayi, gendongan dan berbagai model tas bayi. Tidak semua hadiah tersebut bisa saya pakaikan ke anak saya. Seperti contohnya sabun mandi, saat newborn dulu, kulit anak saya termasuk yang sensitif menurut dokter anak yang kami datangi saat itu, anak saya harus mandi menggunakan sabun mandi khusus yang mana diantara kado yang saya dapat, tidak ada satupun yang memenuhi kriteria dari dokter. Walhasil banyak sabun mandi hasil dari kado mubazir tidak terpakai. Dan sedihnya tidak ada satupun kado yang ditujukan untuk saya ibunya,ehehehe (curhat). Semua bingkisan ditujukan untuk anak saya, padahal ibunya yang melahirkan ya, hihihi (tetep curhat).
Setelah kejadian tersebut saya jadi agak berfikir ketika akan memberikan hadiah untuk teman, sahabat atau kolega yang baru melahirkan atau mempunyai bayi. Di Bawah ini akan saya paparkan kriterianya, menurut pendapat saya, kalaupun ada yang tidak sependapat ataupun berbeda pendapat tidak mengapa.

Siapa
 Siapa yang akan anda berikan bingkisan. Sahabat dekat kah atau hanya sekedar kolega biasa. 
Untuk saya pribadi apabila yang akan diberikan hadiah adalah sahabat yang digolongkan akrab, maka sebelum membeli hadiah biasanya saya akan bertanya terlebih dahulu kira-kira benda apa yang masih belum dia punya atau masih dibutuhkan. Tentu saja ketika bertanya saya akan berterus terang tentang batasan budget yang saya miliki. Toh ini saya berbicara dengan sahabat yang sudah tau keadaan saya jadi saya merasa berterus terang perihal budget tidak menjadi soal.
Jika orang yang akan diberikan hadiah, sekedar kolega kerja, saya akan memberikan mainan anak untuk usia diatas 1 tahun karena dalam pikiran saya, pasti rata-rata orang berpikir barang kebutuhan untuk usia newborn, bukan untuk usia yang lebih besar. Sekali lagi ini adalah murni pendapat saya. 
Jikalau yang memiliki bayi hanya sekedar kenalan, bukan sahabat maupun kolega kerja, saya berikan doa,semoga anaknya tumbuh menjadi anak yang sehat pintar dll.

Apa
Barang-barang yang diberikan biasanya seputar barang bayi ataupun barang untuk ibunya. Khusus untuk bayi, saya biasanya menghindari memberikan peralatan mandi (sabun,sampo) karena tidak semua bayi cocok dengan merk sabun dan sampo, seperti anak saya misalnya.

Berikut ini merupakan daftar barang-barang yang pernah saya jadikan bingkisan kado kelahiran sahabat ataupun rekan kerja, semoga bisa menjadi inspirasi apabila saat ini sedang mencari hadiah kelahiran:
  1. Baju menyusui
  2. Baju kondangan (batik) size 1 tahun
  3.  Slowcooker
  4. Baby food maker

Tidak ada komentar:

Posting Komentar